Auto Bed Leveling

IMA2020 Auto Level

Yang perlu diketahui dari auto level. Istilah yang tepat sebenarnya adalah auto bed compensation, di mana proximity sensor mengukur jarak antara papan platform dengan nozzle. Seandainya permukaan papan melengkung atau miring, maka sistem akan memberi kompensasi dengan cara mengangkat/menurunkan sumbu Z agar jaraknya konstan.

Jarak sensing proximity sensor sifatnya tetap(fixed). Untuk membuat nozzle agar jaraknya pas 0.1mm di atas bed, maka perlu diatur Z-offset. Z-offset adalah selisih antara jarak sensing (biasanya 4mm, 8mm, atau 14mm tergantung jenis sensor) dengan posisi sensor terhadap nozzle.

Tips: Jika waktu printing jarak nozzle terlalu mepet dengan bed, maka tambah Z-offsetnya dengan penambahan kelipatan  0.1mm (tergantung seberapa mepet). Misal sebelumnya Z-offset – 2.2mm (MINUS 2.2) menjadi -2.1 mm

Cara atur Z Offset: dari menu LCD Control>motion>Z offset
Jangan lupa SIMPAN ke memori dari menu LCD Control>store memory, agar seting tidak berubah setelah printer dimatikan.

IMA2020 auto level sudah di-tes dan diatur  preset sebelumnya. Jika suatu saat terjadi penyimpangan misalnya karena posisi sensor berubah, atau karena pengiriman, berikut cara mengukurnya:

Langkah-langkah mengukur jarak nozzle dengan bed (KALIBRASI SENSOR):

  1. Dari menu prepare, lakukan auto home
  2. Ke menu prepare>level bed. Printer akan bergerak sendiri mengukur di 9 titik. (jangan dibalik-balik urutannya antara level bed dengan auto home, dan jangan lakukan auto home setelah level bed)
  3. Menu prepare>move axis>gerakkan sumbu X ke arah tengah (putar tombol berlawanan jarum jam untuk gerakan minus/ke kiri)
  4. Menu prepare>move axis, gerakkan sumbu Z, pilih increment 0.01, turunkan sampai nozzle mendekati bed. Ukur jaraknya dengan bantuan kertas HVS 90 mg, jarak yang pas adalah ketika kertas masih mudah ditarik, tetapi agak tertahan waktu didorong. CATAT angka sumbu Z di LCD, misalnya angkanya tertera –0.2
  5. Atur Z offset dari menu Control>motion>Z offset. Tambahkan angka yang tertera dengan angka yang sebelumnya kita catat (-0.2).
    Rumusnya adalah:

    Angka saat ini ditambah angka penyimpangan


    Misalnya angka saat ini: -1.2
    Maka angka revisinya adalah:

    -1.2 + (-0.2) = -1.4

  6. Simpan ke memori dari menu Control>store memory.

Selanjutnya langkah-langkah ini tidak perlu dilakukan lagi, kecuali terjadi penyimpangan.

—————————————

Yang boleh dan yang tidak boleh

Kita boleh menambahkan kaca asal tebal kaca tidak lebih tebal dari jarak sensing.  Rekatkan kaca kuat-kuat menempel di bed menggunakan binder clip ukuran kecil, jangan sampai ada rongga. Hati-hati jangan menggunakan binder clip ukuran besar, karena dikhawatirkan logamnya akan terdeteksi oleh sensor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *